Skip to main content

5 Hal Tabu tentang Bawang ini Ternyata Tidak Benar

Salah satu bumbu masakan dapur yang biasa digunakan, terkhusus di Indonesia apalagi kalau bukan adalah Bawang putih. Bawang putih ini tergolong tanaman yang mudah dijumpai. Memiliki banyak khasiat dan juga hal-hal kesehatan lainnya membuatnya dapat membantu mengatasi berbagai macam penyakit yang ada.

Ilustrasi Bawang Putih (Source : Pixabay)

Namun tidak sedikit pula beberapa informasi yang beredar mengenai bawang putih yang dinilai tabu atau tidak sesuai kebenarannya dengan medis kesehatan. Mungkin kamu juga salah satu yang terkena informasi tersebut. Kalau penasaran apa saja hal tabu tersebut, yuk simak artikel berikut ini.

1. Bisa Mengobati Kanker

Apakah kamu pernah melihat beberapa waktu lalu mengenai video yang mana terdapat sebuah potongan daging dan diklaim sebagai kanker tiba-tiba melakukan pergerakan seolah-olah menjauh sesaat didekatkan dengan bawang putih. Hal ini pun menimbulkan statement bahwa bawanng putih dapat mengatasi atau menjadi obat kanker.


Namun nyatanya para pakar mengatakan bahwa video tersebut belum dapat dipastikan mengingat ada berbagai macam jenis kanker dan dimana jenis kanker tersebut juga memiliki penanganan berbeda masing-masing.

2. Dapat Mengatasi Keputihan

Ada beberapa informasi yang menyatakan bahwa bawang ptuih dapat mengatasi keputiham. Sehingga banyak perempuan diluar sana yang memasukkan bawang putih dimana dianggap dapat mengatasi keputihan tersebut ke dalam kelamin atau organ vital mereka agar bisa mengatasi penyakit tersebut. Namun nyatanya hal ini dilarang tegas oleh pakar kesehatan karena dianggap sangat berbahaya

3. Dapat Menyerap Racun dari Darah

Salah satu hal tabu mengenai bawang putih adalah dapat melakukan penyerapan terhadap racun yang ada di dalam darah. Hal ini dilakukan dengan meletakkan bawang putih di telapak kaki atau dengan memasukkannya di dalam kaus kaki ketika ingin tidur. Namun nyatanya metode ini yang diyakini dapat menyerap racun tidak benar adanya, hal tersebut disampaikan oleh pakar kesehatan dimana bawang tidak dapat menarik racun yang ada di dalam tubuh dengan meletakkannya secara kontak langsung dengan kulit atau diluar tubuh. Melainkan untuk mendapatkan manfaat dari bawang putih itu perlu mengkonsumsinya terlebih dahulu

4. Mengatasi Masalah pada Gigi

Pernah nggak sih kamu ngeliat beberapa orang yang mengalami sakit gigi menempelkan hasil bawang yang sudah digeprek menggunakan tangan dibagian yang sedang mengalami sakit pada gigi mereka. Hal ini katanya bertujuan agar bisa menghilangkan atau mengatasi pada masalah gigi tersebut.


Tapi faktanya cara menempelkan bawang tersebut lah yang salah, secara biologis bawang mengandung alium sativum dimana hal ini dapat berguna untuk masalah peradangan. Namun untuk menggunakannya tersebut bukanlah ditempel melainkan dikunyah secara langsung.

5. Dapat Mengatasi Kutil Kelamin

Salah satu hal yang masih belum diyakini khasiat dari bawang putih ini adalah dapat mengatasi masalah kutil kelamin. Walaupun bawang putih sendiri mengandung senyawa allicin yang dimana senyawa ini katanya dapat mengatasi kutil kelamin yang dipacu oleh Human Papiloma Virus (HPV). Namun nyatanya hal tersebut belum dapat dibuktikan. Sedangkan jika menggunakan bawang sendiri dapat memperburuk masalah yang dapat berujung iritasi pada kulit khususnya pada bagian vital tersebut.